Minggu, 20 Maret 2011

SOAL Pembelajaran Kelas Rangkap (Buat para calon guru)

Minggu, 20 Maret 2011

Ehem ehem, sebenarnya gue bukan mahasiswa PGSD, gue mahasiswa Teknik. Berhubung dikeluarga gue ada yang memohon mengerjakan tugas-tugas PGSD, dengan SENANG hati [?] saya terima. Semoga ini bermanfaat bagi anda sekalian. :)


Tugas 5
1.      Apakah keuntungan guru PKR dari penguasaan keterampilan mengajar kelompok kecil dan perorangan? Jelaskan jawaban saudara!
Jawaban:
      Keuntungan bagi guru PKR yaitu akan sangat membantu dalam mengorganisasikan kegiatan belajar mengajar karena hakekat kedua bentuk pembelajaran ini hampir sama, dapat dengan mudah memberikan pelayanan atau mengarahkan dengan baik terhadap kelompok, terjadinya hubungan interpersonal antara guru dan murid, dan juga dapat memenuhi kebutuhan belajar yang pada dasarnya berbeda-beda.

2.      Apakah kelebihan atau keuntungan dari pengajaran kelompok kecil dan perorangan? Jelaskan.
Jawaban :
      Keuntungannya yaitu memenuhi kebutuhan belajar yang pada dasarnya berbeda-beda, menumbuhkan hubungan antar pribadi yang sehat antara guru dan murid dan murid, memungkinkan murid belajar dari temannya, atau dengan mengajar teman-temannya, melibatkan murid lebih efektif, serta membentuk kebiasaan kerja sama dan bertanggung jawab dalam kegiatan belajarnya.

3.      Berikan tiga contoh keterampilan megadakan pendekatan secara pribadi?
Jawaban :
1.      Tunjukkan perhatian yang hangat
Perhatian yang hangat, akrab, dan bersahabat menumbuhkan perasaan, kemauan dan keinginan belajar tanpa adanya perasaan terpaksa.
2.      Mendengar pendapat murid
Mendengarkan secara simpatik dan sungguh-sungguh pendapat atau ide-ide yang disampaikan murid. Kebutuhan murid akan penghargaan akan terpenuhi.
3.      Berikan respon yang positif
Guru yang baik akan selalu memberikan respon yang positif terhadap buah pikiran murid, betapapun kecilnya buah pikiran. Misalnya, jika  murid mengajukan pertanyaan yang salah atau jawabannya sangat mudah, guru tidak menertawakannya, tetapi mendorongnya untuk memperbaiki pertanyaannya atau mencari sendiri jawaban pertanyaan yang mudah tersebut.


4.   Berikan tiga contoh keterampilan mengorganisasikan kegiatan belajar mengajar?
      Jawaban :
1. Adakan pengenalan umum mengenai isi dan latar kegiatan belajar yang akan dilaksanakan. Meliputi pemberian orientasi umum tentang tujuan, tugas, cara kerja, waktu tempat kerja, dan sebagainya sebelum kegiatan kelompok atau perorangan dimulai. Memberikan semua petunjuk atau informasi kepada murid sebelum kegiatan dilaksanakan.
2.   Gunakan variasi kegiatan sesuai kebutuhan. Memvariasikan kegiatan yang mecakup penyediaan ruangan, peralatan dan cara melaksanakannya. Memvariasi kegiatan, misalnya berupa observasi, diskusi hasil observasi, memecahkan masalah, membuat kerajinan tangan bersama, atau belajar sendiri dari buku.
3.  Adakan pengelompokan murid yang sesuai dengan tujuan. Pengelompokkan murid dibentuk secara tepat agar tujuan pembelajaran dapat tercapai dengan baik. Coba pikirkan, apa keuntungan dan kerugiannya jika murid yang pintar dikelompokkan bersama murid yang lumayan atau kurang pintar.

5.   Pak Mubarak yang sedang mengajar di kelas 5 dan kelas 6 menjadi bingung karena tugas matematika yang dikerjakan secara perorangan oleh kelas 6 tidak ada yang benar. Demikian pula kelas 5 yang diberi tugas dalam kelompok, tidak ada yang dapat menyelesaikan tugasnya dengan baik. Bahkan ada yang tidak menghasilkan apa-apa.
      Keterampilan apakah yang tidak dikuasai oleh Pak Mubarak jika dikaitkan dengan keterampilan mengajar kelompok kecil dan perorangan.
Jawaban :
      Keterampilan yang tidak dikuasai yaitu keterampilan membimging dan memudahkan belajar. Karena hasil belajar yang kurang atau tidak baik, menandakan bahwa Pak Mubarak tidak memberikan penguatan terhadap perilaku murid, tidak mengembangkan supervisi proses awal, lanjut dan supervisi pemanduan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Any Comment Is For Improvement :)